TRADISI-TRADISI ISLAM MELAYU DI NUSANTARA (INDONESIA)

Penulis

  • Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa
  • Muhammad Akbar Hilmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa
  • Elya Kumala Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa
  • Keysha Alea Amanah Fatiha Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa

Kata Kunci:

Tradisi, Islam, Melayu, Nusantara

Abstrak

Di Tengah samudera biru yang luas,dibawah Terik matahari tropis,terhamparlah kepulauan Nusantara,yang merupakan rumah bagi keragaman budaya yang luar biasa.Salah satu aspek khas dari warisan budaya Nusantara adalah tradisi-tradisi islam melayu yang telah berkembang selama berabad-abad.Artikel ini akan membawa anda dalam perjalanan untuk menjelajahi tradisi-taradisi ini,yang membentuk identitas dan kebudayaan Masyarakat di wilayah ini. Dalam Kumpulan pulau-pulau yang membentang dari sumatera hingga Maluku,Islam telah memainkan peran penting dalam membentuk norma-norma sosial,agama,dan seni budaya.Trdisi-tradisi ini mencerminkan bukan hanya akar islam yang kuat tetapi juga adaptasi yang unik terhadap lingkungan dan budaya setempat.Mereka memciptakan jaringan budaya yang kaya,yang masih berpengarus pada kehidupan sehari-hari orang- orang di Nusantara hingga hari ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau studi literatur. Peneliti memakai banyak literatur untuk mengumpulkan data dan memakai pendekatan kualitatif dikarenakan data yang dihasilkan berupa kata-kata dan deskripsi. Tradisi melayu adalah kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama didaerah melayu dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Yang pastinya kebiasaan tersebut meliputi mengenai nilai-nilai budaya, norma-norma, hukum dan aturan-aturan yang saling berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan tersebut. Tradisi melayu adalah kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama didaerah melayu dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat.

Referensi

Abu Zakariya al-Anshari, 2017.GHAYAT AL-WUSHUL SYARH LUBB AL-USHUL, Lirboyo: Maktabah al-Salam.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA, Jakarta: Pusat Bahasa.

Eko Zulfikar, 2018. TRADISI HALAL BIHALAL, Jurnal Studi Al-Qur’an.

Isma’il bin Hammad al-Jauhari,dkk, 1979, BEIRUT : DAR AL-‘ILM AL-MALAYIN.

Mestika Zed, 2008. METODE PENELITIAN KEPUSTAKAAN, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

La Ode Roni. (2022). STRATEGI PEMASARAN DAN ETIKA BISNIS PADA PENJUALAN KOSMETIK SECARA ONLINE MENURUT ISLAM (STUDI KASUS PADA PELAKU BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19). AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(04 November), 227–238. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/attariiz/article/view/481

Muhammad Fuad, 1977. AL-MU’JAM AL-MUFAHRAS LI AL-FAZI AL-QUR’AN AL-KARIM, .Beirut : Dar al-Fikr

Muhammad Ashsubli, 2018. ISLAM DAN KEBUDAYAAN MELAYU NUSANTARA (MENGGALI HUKUM DAN POLITIK MELAYU DALAM ISLAM), Jakarta : Sinar Media Abadi.

Muhammad Raihan Alfarizi, Maryamah, Cherysa Ariesty Wulandari, & Nabila Maharani. (2023). ANALISIS SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DAN ASAL-USUL BANGSA MELAYU DI NUSANTARA (INDONESIA). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04 Desember), 217–226. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/800

M.Quraish Shihab, 2001. MEMBUMIKAN AL-QUR’AN, Bandung: Mizan.

M.Quraish Shihab, 2003. WAWASAN AL-QUR’AN: TAFSIR MAUDU’I ATAS PELBAGAI PERSOALAN UMAT, Bandung : Mizan.

Nurafiah Aswawi. (2022). PENETAPAN HARGA HASIL PERIKANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR PELELANGAN IKAN KOTA KENDARI). AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(04 November), 193–210. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/attariiz/article/view/354

Nurafiah Aswawi. (2023). JUAL BELI ONLINE BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(03 Agustus), 420–430. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/attariiz/article/view/763

Purwanto, 2008. METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF UNTUK PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rima Dheny Adresima, & Eny Latifah. (2023). ANALISIS EKONOMI ISLAM ATAS JUAL BELI (MINDRING) DI DESA SENDAHARJO LAMONGAN. AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02 Mei), 362–375. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/attariiz/article/view/488

Rizkiani. (2022). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI ONLINE. AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(04 November), 211–226. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/attariiz/article/view/480

Trisna Liza, Maryamah, Roja Riyani, Utami Miliyarta Lestari, & Indarissyifa, L. P. . (2023). PENGARUH ISLAM TERHADAP PERADABAN MELAYU. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(02 Desember), 94–107. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/798

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-10

Cara Mengutip

Maryamah, Muhammad Akbar Hilmi, Elya Kumala Sari, & Keysha Alea Amanah Fatiha. (2023). TRADISI-TRADISI ISLAM MELAYU DI NUSANTARA (INDONESIA). SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02 Desember), 235–241. Diambil dari https://azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/801