ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MENULIS KARANGAN PESERTA DIDIK SD NEGERI 30 TALANG KELAPA

Penulis

  • Ines Tasya Jadidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Wulan Okta Bela Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Vanesha Putri Pramudita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Riska Amalia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rheina Nurhaliza Fatnasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Sekolah Dasar, Menulis Karangan, Tanda Baca, Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kesalahan penggunaan tanda baca pada tulisan karangan peserta didik di SD Negeri 30 Talang Kelapa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes berupa tugas menulis karangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun peserta didik memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan tanda baca, namun masih terdapat banyak kesalahan dalam penulisan karangan mereka. Kesalahan yang ditemukan termasuk penempatan tanda titik yang tidak tepat, penggunaan huruf kapital yang salah, dan penyalahgunaan atau kelalaian dalam penggunaan tanda baca lainnya. Dalam kesimpulannya, disarankan agar pendidik memberikan bimbingan khusus dalam penggunaan tanda baca kepada peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan beragam. Umpan balik yang konstruktif juga perlu diberikan kepada peserta didik untuk membantu mereka memperbaiki keterampilan menulis mereka. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah penempatan tanda titik di akhir kalimat yang kurang tepat, penggunaan huruf kapital yang salah, dan penggunaan tanda baca koma yang tidak sesuai. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik perlu mendapatkan bimbingan khusus dan latihan lebih lanjut dalam penggunaan tanda baca. Pendidik perlu menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan beragam untuk memotivasi peserta didik dalam mempelajari penggunaan tanda baca. Latihan intensif dan penggunaan contoh-contoh yang relevan dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memahami dan menguasai penggunaan tanda baca dengan lebih baik. Pendidik juga perlu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik terkait kesalahan-kesalahan penggunaan tanda baca dalam tulisan mereka. Dengan mendapatkan umpan balik yang tepat, peserta didik dapat memperbaiki dan meningkatkan keterampilan menulis mereka.

Referensi

Hasrianti, Andi. Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma, Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume. 7, Nomor. 1. 2021.

Juniarso, T., dkk. Pelatihan Penyusunan Proposal Classroom Based Action Research bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 2020.

Kokasih, Engkos. 2008. Seri Kuliah Ringkas: Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kuspitasari, Endah Septiana. (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Diponegoro 8 Rowalo. Skripsi Purwokerto: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP.

Misnawati, dkk. Indonesian Language Learning Based On Personal Design In Improving The Language Skills For Elementary School Students. Jurnal Mutilcultural Education, Vol. 8. No.2. 2022.

Puspitasari, Yeti. Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah. 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-11

Cara Mengutip

Ines Tasya Jadidah, Wulan Okta Bela, Vanesha Putri Pramudita, Riska Amalia, & Rheina Nurhaliza Fatnasari. (2023). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MENULIS KARANGAN PESERTA DIDIK SD NEGERI 30 TALANG KELAPA. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(01 Juni), 57–61. Diambil dari https://azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/649

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama