KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA TARUNA JAYA 1 TEBET (STUDI KASUS TERHADAP REMAJA)

Penulis

  • Fadly Dermawan Universitas Sahid Jakarta
  • Nurul Haniza Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i02.749

Kata Kunci:

Membangun Kepercayaan Diri, Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet.

Abstrak

Komunikasi interpersonal berpotensi sebagai instrumen, atau alat untuk mempengaruhi serta membujuk orang lain, karena kita dapat menggunakan panca indera kita untuk meningkatkan daya persuasif pesan yang kita sampaikan kepada komunikator kita selama proses pertukaran pesan berlangsung. Remaja panti sosial yang memiliki kepercayaan diri yang rendah selalu menutup diri dan jarang berinteraksi. Hal inilah yang dialami oleh remaja asuh Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet. Kepercayaan diri adalah bagian dari kepribadian seseorang yang dibentuk oleh interaksi individu dengan lingkungannya. Tentunya untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja asuh, diperlukan peran pengasuh Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 untuk membangun kepercayaan diri remaja asuh dalam menjalani kehidupannya di tengah masyarakat luas. Adanya masalah tersebut peneliti ingin melihat bagaimana komunikasi interpersonal dalam membentuk kepercayaan diri remaja di Panti Sosial tersebut. Teori Komunikasi yang digunakan ialah teori penetrasi sosial. Penelitian yang dipakai merupakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini berusaha untuk memahami hubungan antara pengasuh remaja di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet, hambatan komunikasi interpersonal dalam membentuk kepercayaan di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet, dan beberapa faktor yang menyebabkan pengaruh dalam membentuk kepercayaan di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet. penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara pengasuh dengan remaja terjalin sangan erat, hambatan yang ditemukan ada anak yang memiliki sifat bohong, ada yang masih takut juga bertemu dengan orang baru, dan ada yang sering melakukan kesalahan yang sama, dan faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan kepercayaan diri adalah faktor pendidikan dan lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Beny Usman. 2013. PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI, Jurnal Media Wahana Ekonomika.

Hamidi. 2005. BUKU METODE PENELITIAN KUALITATIF. Malang: UMM press.

H.M Burhan Bungin. 2007. PENELITIAN KUALITATIF: KOMUNIKASI EKONOMI, KEBIJAKAN PUBLIK, DAN ILMU SOSIAL LAINNYA, Jakarta: Prenada Media Group.

Imam Gunawan. 2013. METODE PENELITIAN KUALITATIF TEORI DAN PRAKTIK, Jakarta: Bumi.

Kamaruzzaman. 2016. ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA. Jurnal Konseling Gusjigang.

Lexy J. Moleong, 2008. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 1992. ANALISIS DATA KUALITATIF. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Qamar Nurul, Syarif Muhammad, dkk. 2017. BUKU METODE PENELITIAN HUKUM (Legal Research Methods).

Suharsimi Arikunto. 2010. PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTEK, Jakarta: Rineka Cipta

Sabarrudin, Silvianetri, Nelisma Yuliana. 2022. KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR: STUDI KEPUSTAKAAN. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Riau. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Selviana, Yulinar Sari. 2022. PENGARUH SELF IMAGE DAN PENERIMAAN SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA YANG MENGUNGGAH FOTO SELFIE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Ikraith - Humaniora. Jakarta Pusat. Universitas Persada Indonesia YAI

Soekamto, S. 2013. HAMBATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Komunikasi

Zuraida. 2018. KONSEP DIRI PADA REMAJA DARI KELUARGA YANG BERCERAI. Kognisi Jurnal. Medan. Universitas Potensi Utama

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-09

Cara Mengutip

Fadly Dermawan, & Nurul Haniza. (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA TARUNA JAYA 1 TEBET (STUDI KASUS TERHADAP REMAJA). PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(02), 46–57. https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i02.749