DAMPAK KRIMINALITAS DAN PENGARUHNYA DI ERA GLOBALISASI

Penulis

  • Ines Tasya Jadidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Dela Dwi Oktalena Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa
  • Lidia Purnama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indoneisa
  • Lisa Puspita Indarissyifa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rini Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

Kata Kunci:

Kriminalitas, Era, Globalisasi

Abstrak

Artikel ini menyelidiki dampak kriminalitas dalam konteks era globalisasi. Globalisasi telah membawa perubahan besar dalam masyarakat, termasuk perkembangan teknologi, perdagangan bebas, dan integrasi ekonomi global. Artikel ini membahas bagaimana fenomena globalisasi telah memberikan pengaruh pada tingkat kriminalitas di berbagai negara dan komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan interdisipliner yang mencakup aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Dengan analisis data statistik dan studi kasus, artikel ini mengidentifikasi hubungan antara globalisasi dan berbagai jenis kriminalitas, termasuk perdagangan narkoba, kejahatan siber, dan perdagangan manusia. Selain itu, artikel ini menggali dampak kriminalitas terhadap keamanan nasional dan stabilitas sosial di tengah era globalisasi. Kriminalitas merupakan masalah yang secara konstan mempengaruhi keamanan, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks ini, artikel ini menjelaskan berbagai jenis kriminalitas, termasuk kejahatan jalanan, kejahatan siber, dan kejahatan kekerasan. Dalam melibatkan data statistik dan studi kasus, artikel ini memberikan wawasan tentang tren kriminalitas dan perubahan sosial yang mungkin memengaruhi tingkat kejahatan. Tujuannya adalah untuk membantu pembaca memahami peran kriminalitas dalam masyarakat modern dan untuk mendorong perdebatan serta tindakan lanjutan dalam upaya mengurangi dampak negatif kriminalitas. kriminalitas di era globalisasi memerlukan pendekatan yang lebih koordinatif dan berbasis kerja sama antarnegara. Artikel ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap kompleksitas masalah ini dan memberikan dasar untuk pengembangan strategi pencegahan yang lebih efektif dan penegakan hukum yang lebih kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sementara globalisasi telah membawa kemajuan signifikan dalam banyak aspek kehidupan, dampak negatifnya terhadap kriminalitas tidak dapat diabaikan. Artikel ini juga memberikan rekomendasi kebijakan untuk mengatasi tantangan kriminalitas dalam konteks globalisasi, dengan mempertimbangkan kerja sama lintas negara dan solusi yang berfokus pada aspek sosial dan ekonomi. Kesimpulannya, artikel ini menggambarkan kompleksitas hubungan antara globalisasi dan kriminalitas, serta pentingnya memahami dampaknya untuk mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi tantangan kriminalitas di era globalisasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adri, S., Karimi, S., & Indrawari, I. (2019). PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KRIMINALITAS (TINJAUAN LITERATUR). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(2), 181-186.

Afil Fres Seftiana, Adesta Syafitri, Eliyati, Lisa Septia Ningsih, & Ines Tasya Jadidah. (2023). ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME DI ERA GLOBALISASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04 Desember), 226–234. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/839

Al Mugoffary, I. T. A. (2009). KEBIJAKAN KRIMINAL TERHADAP UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN MANUSIA DALAM KONTEKS KEJAHATAN DI BIDANG EKONOMI. Risalah Hukum, 67-83.

Audey, R. P., & Ariusni, A. (2019). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS DI INDONESIA. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(2), 653-666.

Effendi, E. (2013). KEJAHATAN TRANS NASIONAL DAN PENGARUHNYA DALAM STABILITAS PERBATASAN NEGARA DITINJAU DARI POSISI STRATEGIS KEPRI. Jurnal Selat, 1(1), 1-7.

Ningrum, J. W., Khairunnisa, A. H., & Huda, N. (2020). PENGARUH KEMISKINAN, TINGKAT PENGANGGURAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI INDONESIA TAHUN 2014-2018 DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 212-222.

La Ode Dedi Abdullah, & Endang Tri Pratiwi. (2022). UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN OLEH ANAK PELAJAR SEBAYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 1(06 Desember), 94–103. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/abdimasberkarya/article/view/410

Putra, A. D., Martha, G. S., Fikram, M., & Yuhan, R. J. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KRIMINALITAS DI INDONESIA TAHUN 2018. Indonesian Journal of Applied Statistics, 3(2), 123-131.

Rahmalia, S., Ariusni, A., & Triani, M. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGANGGURAN, DAN KEMISKIAN TERHADAP KRIMINALITAS DI INDONESIA. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(1), 21-36.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Ines Tasya Jadidah, Dela Dwi Oktalena, Lidia Purnama, Lisa Puspita Indarissyifa, & Rini Wulandari. (2023). DAMPAK KRIMINALITAS DAN PENGARUHNYA DI ERA GLOBALISASI. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(02 Desember), 356–362. Diambil dari https://azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/908