DAYA MINAT DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMUNIKASI MASYARAKAT INDONESIA

Penulis

  • Eliza Putri Ananda Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.664

Kata Kunci:

Bahasa Asing, Era Globalisai, Pemerintah, Identitas Nasional, Media Massa, Potensi Bahasa Asing

Abstrak

Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, penggunaan bahasa asing telah menjadi fenomena yang semakin umum di berbagai negara. Bahasa asing sering kali digunakan dalam komunikasi sehari-hari, media massa, industri hiburan, dan sektor bisnis. Fenomena ini memicu perdebatan luas tentang implikasi sosial dan budaya yang muncul sebagai akibat dari gempuran penggunaan bahasa asing. Dalam beberapa kasus, penggunaan bahasa asing dapat mengancam keberlanjutan bahasa dan budaya asli suatu negara. Hal ini mendorong upaya untuk mempertahankan bahasa dan budaya lokal, sekaligus membangkitkan perasaan nasionalisme. Penggunaan bahasa asing juga digunakan dalam sistem pendidikan. Penggunaan tersebut dapat membawa manfaat seperti akses yang lebih luas terhadap sumber daya global dan peluang studi di luar negeri. Namun, terdapat pula kekhawatiran bahwa penggunaan bahasa asing secara berlebihan dapat menghambat kemampuan siswa dalam mempelajari dan menguasai bahasa ibu mereka. Dalam rangka menghadapi fenomena gempuran penggunaan bahasa asing, diperlukan pendekatan yang seimbang antara kebutuhan komunikasi global dan kepentingan mempertahankan budaya dan identitas nasional. Kesadaran akan implikasi sosial, budaya, dan ekonomi dari penggunaan bahasa asing perlu ditingkatkan agar masyarakat dapat membuat keputusan yang tepat dalam memanfaatkan potensi bahasa asing sambil tetap memperkuat identitas budaya dan bahasa asli mereka. Pemerintah dan institusi pendidikan memiliki peran penting dalam mengatur penggunaan bahasa asing dalam konteks masyarakat. Mereka perlu mempertimbangkan perlindungan dan pemeliharaan bahasa dan budaya lokal, sambil tetap mempromosikan pembelajaran dan pemahaman bahasa asing yang relevan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin,Y. (2011). Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan. Deiksis, 3(04): 354-364

Annisa, P. (2019). Pengaruh bahasa asing terhadap bahasa Indonesia di tengah arus globalisasi.

Anur, C. M. (2023, 03 13). Deretan Negara dengan Jumlah Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Peringkat Kedua. Diakses dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/13/deretan-negara-dengan-jumlah-bahasa-terbanyak-di-dunia-indonesia-peringkat

Gustiasari, D. R. (2018). Pengaruh perkembangan zaman terhadap pergeseran tata Bahasa Indonesia; Studi kasus pada pengguna instagram tahun 2018. Jurnal Renaissance, 3(2), 433-442.

Khairunnis, A. (2021, Juni 26). Gempuran Bahasa Asing terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Retrieved from yoursay.id: https://yoursay.suara.com/kolom/2021/06/26/121000/gempuran-bahasa-asing-terhadap-eksistensi-bahasa-indonesia-di-era-globalisa

Khasanah, Ismatul, D.L. (2015). Fenomena Penggunaan Bahasa Asing dalam Penamaan Bisnis Kuliner di Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 2(1), 1-11.

Kusumawati, T. I., & Utara, I. U. S. (2018). Pudarnya Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 8(1).

Ningsih, A. N. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam Menunjang Ilmu Pengetahuan di Era Global. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Susanti, D. I. (2011). Peranan Bahasa Indonesia di tengah maraknya penggunaan bahasa asing. Deiksis, 3(04), 365-378.

Yunarsih. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Komunikasi Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6068.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-18

Cara Mengutip

Putri Ananda, E. (2023). DAYA MINAT DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMUNIKASI MASYARAKAT INDONESIA. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 172–184. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.664