EFEKTIFITAS PENELUSURAN INFORMASI APLIKASI SIPUSPA (CERIA) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Penulis

  • Ngalia Nur Azizah Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.62668/defacto.v1i02.778

Kata Kunci:

Perpustakaan, Penelususan Informasi, Basis Data

Abstrak

Pelnellulsulran informasi adalah melncari kelmbali informasi yang pelrnah ditullis orang melngelnai topik telrtelntul. Pelnellulsulran informasi yaitul selbulah kelbultulhan hidulp yang digulnakan ulntulk melrelncanakan, melngambil tindakan dan mellakulkan apa yang dibultulhkan ulntulk melndapatkan selbulah pelmahaman yang dapat ditelrima olelh akal. Tuljulan dari kelgiatan pelnellulsulran informasi adalah ulntulk melndapatkan informasi yang dibultulhkan olelh pelnelliti, pelnggulna pelrpulstakaan, pelngambil kelbijaksanaan dan pelnggulna lainnya dari dalam sulatul kulmpullan bahan pulstaka ataul dari sulatul sistelm pelnyimpanan informasi telrtelntul. Delngan adanya alat bantul penelusuran informasi, diharapkan proses pencarian informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih spesifik. alat bantu tersebut bisa dengan suatu sistem otomasi atau software contohnya seperti Sipuspa (Ceria), untuk membuktikan apakah software tersebut benar-benar mempermudah pemustaka dalam penelusuran dan sangat di manfaatkan oleh pemustaka tentunya perlu di adakan suatu uji efektivitas. Dalam penelitian ini akan di bahas tentang efektivitas software yang di gunakan di Perpustakaan Universitas PGRI Palembang yaitu Sipuspa (Ceria) sebagai sarana penelusuran informasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data secara deskriptif yaitu memaparkan suatu objek yang di bahas.

Referensi

Darmono, 2001, MANAJEMEN DAN TATA KERJA PERPUTAKAAN SEKOLAH. (Jakarta: Gramedia Widjasarana Indonesia), h7.

Nurhalimah Tusadikyah, 2017 “PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD KAUMAN 1 MALANG”, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FKIP, UIN Maulana Malik Ibrahim, hal. 8469.

Agarwal, S.N. (Ed.). 1982. PERSPEKTIF IN LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE. Jilid 2. Lucknow (India) Uttar Pradesh Library Association. Hal 17

Yusuf, Pawit M. 1988 PEDOMAN MENCARI SUMBER INFORMASI. Bandung: Remadja Karya, hal. 159

Spada Indonesia Kemendikbud, 2022, RANGKUMAN: PENELUSURAN INFORMASI DAN ETIKA INFORMASI melalui https://lmsspada. Kem dikbud.go.id/mod/page/view.php?id=99930 diakses pada tanggal 25 September 2022 pukul10:52.

Pawit Yusuf, 1988 PEDOMAN MENCARI SUMBER INFORMASI. (Bandung: Remadja Karya), h159.

Fauzi Eka Putra, 2017, KEGIATAN LAYANAN DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN. Jurnal Iqra Volume 11 No.1 Mei h 50.

Susriani, 2014 “RELEVANSI PENELUSURAN INFORMASI DENGAN KEBUTUHAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR” Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014,h9.

Ita Rosita Wati, 2013, ANALISIS DAN PERANCANGAN BASIS DATA PERPUSTAKAAN (STUDY KASUS PADA SMK PANGGALI NUSANTARA PALEMBANG). Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, h6.

Pratama Anggun Waby 2014 APLIKASI SIPUSPA SEBAGAI SARUNA TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKUUME JAKARTA UIN SYARIF HIDAYATULLAH.

Andry Andaru, 2022, PENGERTIAN DATABASE SECARA UMUM. Fakultas Komputer. Diakses pada tanggal 25 September 2022 pukul 14:54 https://osf.io/43b5j/download.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Ngalia Nur Azizah. (2023). EFEKTIFITAS PENELUSURAN INFORMASI APLIKASI SIPUSPA (CERIA) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. DE FACTO : Journal Of International Multidisciplinary Science, 1(02), 72–84. https://doi.org/10.62668/defacto.v1i02.778